Kalimat Bijak

DCIM101GOPROG1316849.
Gunung Pancar, Bogor, 2015

Waktu itu, ada blogger favorit yang menulis tentang nasihat terbaik yang pernah diterimanya. Kalimat bijak itu datang dari seorang sopir taksi. Di akhir tulisan, ia juga memuat beberapa nasihat terbaik yang pernah didapat teman-temannya. Bacanya bikin terharu. Hehe. Soalnya, sudah lama juga saya ingin mengumpulkan nasihat terbaik yang pernah didapat orang-orang di sekitar saya. Bahkan dalam beberapa wawancara dengan publik figur, saya selalu menyelipkan pertanyaan tentang itu. “Apa nasihat terbaik yang pernah kamu dapat dan dari siapa?” Tapi jangan tanya siapa dapat apa dari siapa sebab saya terlalu malas mentranskripsi obrolan-obrolan tersebut, hahaha.

Saya tak ingat pernah dapat nasihat yang sebegitu mengubah prinsip dan perilaku diri. Beberapa mungkin mengena dan bikin berpikir, tapi masuk kuping kanan, mengendap sebentar, lalu keluar lagi lewat kuping kanan. Dasar! Meski begitu, ada satu kutipan—yang entah sumbernya—yang terngiang-ngiang sampai sekarang. Baca di Tumblr, kalau tidak salah. Bunyinya, “Life is tough, but so are you.”

Entah sebaris kalimat itu bisa dibilang nasihat atau bukan, tapi efeknya lumayan. Saat ada hal-hal di luar kuasa saya yang bikin pening kepala atau mengunci diri dari dunia luar, saya sering tetiba teringat tulisan itu. Meski sebenarnya ‘kan masalah saya tidak pernah terlalu besar, masih banyak orang yang problemnya macam film The Avengersora uwis-uwis.

Sebagai seorang pleasure seeker, problem sekecil apapun bisa bikin saya stres. Nah, sebaris kalimat itu bisa bikin saya mikir, “Yaelah, baru diberi sejumput asam garam kehidupan masak sudah mau nyerah? Orang lain mungkin dikasihnya sesendok, beberapa bahkan sepanci. Sudahlah, enggak usah ambil pusing! Pasti bisa dihadapi, dilompati, atau dilupakan.” Alhasil, saya bisa semangat lagi. Semangat buka Youtube dan nonton video-video klip Bigbang. Haks.

Jadi, apa kalimat bijak favoritmu? Dapat dari siapa? Atau dari mana?

Jakarta, 25 April 2016

Author: dnuraini

A part time writer. A full time friend.

Leave a Reply

